Decision Support System

DSS dapat digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan dlm banyak cara. DSS semakin mampu menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan dimana perusahaan dapat mengkoordinasi peroses bisnis internal dan eksternal dg lebih tepat.
1.       DSS untuk supply chain management

•      Keputusan dlm supply chain terkait penentuan “siapa, apa, kapan, dan diamana” dari pembelian serta pengangkutan bahan baku dan penolong masuk proses produksi, pendistribusian  dan pengiriman  produk ke pelanggan.
DSS untuk customer relationship management
•      DSS untuk customer relationship management menggunakan datamining sebagai pengarah keputusan tentang pricing, customer retention, market share, dan new revenue streams.

•      Sistem ini mengkonsolidasi informasi pelanggan dari berbagai sistem kedalam data warehouse dan menggunakan berbagai alat analisis untuk membagi informasi tersebut menjadi bagian2 kecil
3.      DSS untuk simulation business scenarios

•      DSS dapat digunakan untuk analisis “what-if” atas permasalahan tertentu suatu perusahaan.

•      DSS kapabilitas modelling dan analisis what-if yg begitu kuatnya telah dikembangkan untuk modelling skenario bisnis secara menyeluruh.

•      Contoh, pd industri minyak dan gas, terdapat banyak variabel yg terkait dlm operasional, banyak nya variabel dan hubungan yg kompleks tsb menyulitkan manajer menentukan keputusan2nya.

•      DSS mampu menyediakan informasi yg memadai untuk keptusan-keputusan tsb

4. DSS untuk geographic information sistem (GIS)

•      GIS merupakan kategori khusus DSS yg dapat menganalisis data yg ditayangkan dg menggunakan pera digital.

•      GIS jg dapat digunakan untuk mendukung keputusan yg memerlukan pengetahuan distribusi geografi atas orang2 atau sumber daya lainnya dalam riset keilmuan, sumber daya dan rencana pengembangan.

Contoh, GIS digunakan oleh pemerintah untuk membantu menghitung waktu tanggapan darurat atas bencana alam atau membantu bank untuk menentukan lokasi terbaik untuk membuka cabang atau memasang terminal ATM
5. DSS pelanggan berbasis Web

•         DSS berbasis Web dan internet dapat mendukung pengambilan keputusan dg menyediakan akses online untuk berbagai database dan informasi untuk analisis data.

•         DSS berbasis Web tidak hanya diperuntukkan untuk manajemen tetapi juga untuk pelanggan.

•         Pelanggan dibantu DSS untuk dapat membuat keputusan pemilihan pembelian barang dan jasa.

   1.    Sistem Pendukung Keputusan (SPK) atau Decision Support System (DSS) adalah sebuah   sistem yang mampu memberikan kemampuan pemecahan masalah maupun kemampuan  pengkomunikasian untuk masalah dengan kondisi semi terstruktur dan tak terstruktur.  Sistem ini digunakan untuk membantu pengambilan keputusan dalam situasi semi  terstruktur dan situasi yang tidak terstruktur, dimana tak seorangpun tahu secara pasti  bagaimana keputusan seharusnya dibuat . SPK bertujuan untuk menyediakan informasi,  membimbing, memberikan prediksi serta mengarahkan kepada pengguna informasi agar  dapat melakukan pengambilan keputusan dengan lebih baik.

    2.    Tahapan SPK
           ·         Definisi masalah.
           ·         Pengumpulan data atau informasi yang relevan elemen.
           ·         Mengolah data menjadi informasi dalam bentuk grafik dan laporan tertulis.
           ·         Menentukan alternatif solusi (bisa dalam persentase).

    Manfaat SPK :
           ·         Membantu menentukan keputusan
           ·         Mengurangi kesalahan pengambilan keputusan
           ·         Manajemen keputusan
           ·         Penghematan waktu
           ·         Meningkatkan efektifitas
           ·         Meningkatkan komunikasi interpersonal
           ·         Peningkatan Bisnis
           ·         Pengurangan biaya
           ·         Meningkatkan kepuasan pengambil keputusan

Contohnya :

Misalnya, penggunaan paket software DSS untuk pendukung keputusan dapat menghasilkan berbagai tampilan sebagai respons terhadap alternative perubahan yang dimasukkan oleh manager. Hal ini berbeda dari respons permintaan dari sistem informasi manajemen, karfena pengambilan keputusan tidak minta informasi yang telah ditentukan sebelumnya. Sebaliknya, mereka mengeksplorasi alternative yang memungkinkan. Jadi, mereka tidak perlu menentukan kebutuhan informasi mereka di depan. Melainkan, mereka menggunakan DSS untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan membantu mereka membuat keputusan. Itu adalah inti dari konsep sistem pendukung keputusan.

Sumber : http://muthiara086.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

E-LEARNING

Telecommunication Internet & Wireless Technology

Informasion In Implementasion