User and developers system

Fenomena yang mengawali terbentuknya kantor maya, persepsi tentang kantor maya (atau lebih dikenal dengan kantor/toko online) didalam menjalankan bisnisnya dalam persaingan bisnis yang semakin kompetitif saat ini.

Pertama kali bermula pada tahun 1990 Tim Berners-Lee menciptakan browser web WorldWideWeb yang mengubah jaringan telekomunikasi akademik menjadi sistem komunikasi untuk semua orang setiap hari secara mengglobal yang dikenal dengan nama Internet.
Pada awalnya penggunaan Internet bertujuan komersial dilarang dengan keras. Ini dikarenakan adanya larangan commercial network traffic oleh National Science Foundation’s (NSFNET) yang merupakan backbone Internet.
Tahun 1991 NSF menghapus larangan untuk tujuan komersial dan saat itulah membuka jalan bagi electronic commerce (e-commerce). Hanya saja, tidak semua kebijakan mengenai komersial dicabut. Baru pada tanggal 30 April 1995, batasan komersial yang paling terakhir dicabut.
Jika menelusuri sejarah, maka Pizza Hut-lah yang menjadi perusahaan paling pertama mendirikan toko online. Mereka menyediakan fasilitas pemesanan online atau pengiriman ke rumah untuk testing pada tahun 1994 di Santa Cruz, California. Pada tahun 2007 seluruh daerah sudah mendapatkan opsi dalam sistemnya. Pada akhir tahun 2000, banyak perusahaan Eropa dan Amerika menyediakan fasilitas pelayanan melalui World Wide Web. Semenjak saat itulah, orang mulai mengasosiasikan istilah “ecommerce” sebagai kemampuan untuk membeli berbagai produk melalui Internet. Sekedar untuk diketahui, istilah ecommerce waktu zaman sebelumnya lebih mengarah ke transaksi secara online/elektronik.
Berlanjut pada tahun 1995, Amazon muncul sebagai toko buku online. Belakangan perusahan tersebut menyadari barang dagangan lainnya juga memiliki permintaan yang tinggi, sehingga pada akhirnya mengadakan perluasan dengan menjual berbagai komoditas. Sekarang
perusahaan ini sudah memiliki 20.700 karyawan dengan keuntungan net US$902 juta pada tahun 2009.
Sekarang, hampir toko nyata (di dunia nyata) memiliki toko online. Berkat semakin cepatnya koneksi dan majunya teknologi, sektor penjualan online sangat berkembang dan terkenal. Sekarang pun, orang terkadang lebih memilih membeli online daripada ke toko karena alasan kenyamanan dan perbandingan harga yang menarik.
Sejarah Internet  dan Sejarah toko online indonesia 
Toko online, adalah salah satu media yang populer di internet yang dapat menghasilkan uang. Dengan toko online, pemiliknya dapat menjual barang / jasanya melalui internet. Namun, tahukah kamu sejarahnya toko online di Indonesia? 
Sejarah Internet Perkembangan toko online tidak lepas dari perkembangan jaringan komputer, yaitu hubungan antara satu komputer dengan komputer lainnya melalui jaringan telepon. Jaringan komputer pertama kali di uji coba oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat yaitu Advanced Research Project Agency pada tahun 1969, mereka menamainya ARPAnet. 
Pada tahun 1972, ARPAnet dikembangkan lagi oleh para cendikiawan dari University of California Sanata Barbara ( UCSB ), University of California ( UCLA ), University of Utah, dan Stanford Research Institute ( SRI ). Mereka membuat jaringan komputer yang dapat menghubungkan antar universitas dengan kantor ARPAnet. 
Perkembangan dari teknologi membuat munculnya E-Mail ( Electronic Mail ) oleh Roy Tomlinson dengan tanda "@" ( dibaca at ) sebagai simbol dari E-Mail. 

Pada tahun 1973 ARPAnet berhasil melakukan perkembangan jaringan komputer, yaitu melakukan koneksi atau menghubungkan komputer ARPAnet dengan jaringan diluar Amerika Serikat. Yaitu pada komputer yang berada di University College, London, Inggris. Lalu, munculah Electronic Data Interchange ( EDI ) yaitu sebuah perangkat yang menjadi standar dalam melakukan pengendalian transfer paket data secara online dengan intranet. Dari sini, muncullah E-Commerce / Toko Online. 
Sejarah Toko Online di Indonesia Toko online di Indonesia dimulai dari disosialisasikan peran, fungsi dan kegunaan internet pada tahun 1994. Pada tahun 2000-an muncul warung internet (warnet) yang mulai bermunculan pada setiap sudut kota. Dengan munculnya warnet ini membuat orang-orang ber-ketergantungan akan menggunakan layangan online yang salah satunya adalah berbelanja barang. 

Karna banyaknya kebutuhan masyarakat akan pelajayanan internet, maka muncul Internet Service Provider lokal seperti Telkom, Indosat, dll. Kemudian muncul juga Search Engine lokal seperti Google Indonesia dan Yahoo! Indonesia. Kemudian muncul Ecommerce Service seperti Plasa Indonesia,
TelkomNet dan Internet Interactive yang akhirnya akan membuat terciptanya web jual beli online contohnya Bhinneka.com, serta munculnya Internet Banking Service contohnya klikbca.com.  

Dalam dunia bisnis online memang sebuah dunia yang penuh persaingan. Untuk menghadapi persaingan di dunia bisnis online, kita harus mempunyai tips yang bisa dijalankan.
Buat keunggulan pada produk
Untuk produk pasaran yang penjualnya cukup banyak di dunia online, semacam pakaian atau fashion lainnya .upayakan agar kita bisa menawarkan produk yang memiliki keunggulan dibandingkan produk yang lain sudah berjan.contonya seperti kualitas yang baik pada penggunaan bahan, harga lebih murah , desain terbaru dan sebagainya. 
Berikan layanan maksimal
Tidak hanya sekitat produk kita bisa upayakan agar memenangkan persaingan pada bisinis online,dalam hal pelayanan pun bisa kita lakuakan perbaikan agar lebih unggul dari pesaing lainnya. Bahkan ada konsumen yang lebih mengutamakan pelayanan dibandingkan kualitas produk yang di belinya asalkan minimal kualitas produk yang sebanding . 
Cara yang bisa dilakuakan dengan memberikan kemudahan dalam hal pembayaran, proses pengiriman order dengan cepat, garansi jika konsumen tidak puas dan yang lainnya 
Bangun image Toko Online Terpercaya 
Dalam  dunia bisnis took online terpercaya adalah poin utama yang harus dibangun agar bisnis bisa berjalan dan mampu bersahing dengan pelaku usaha lainnya.
Tidak jarang terkadang penjual kuarang memperhatikan hal ini dengan hanya mengupayakan agar barangg nya laku terjual meski tidak sesuai dengan kesepakatan awal dengan konsumen.hal ini tentunya akan merugikan Toko Online nya sendiri.
Maka jaga sebaik-baiknya dan hargai kepercayaan konsumen yang sudah merasa puas belanja di Toko  kita.  

● lnformation Systems  Are Developed to Support  Organizational  Levels and Areas (dari modul minggu ini)
Jawab : 
Informasi sistem yang dikembangkan untuk mendukung organisasi
Mendefinisikan budaya tertentu dalam suatu organisasi bukanlah tugas yang mudah karena itu
sebagian didasarkan pada persepsi setiap peserta tentang budaya. Bahkan, persepsi
sebenarnya bisa mempengaruhi budaya , kita rasakan
menjadi jenis budaya tertentu, kita menanggapi budaya berdasarkan persepsi kita,
dan karenanya kami memengaruhi pengalaman budaya orang lain. Beberapa elemen
yang paling mudah dipahami, seperti sikap dan perilaku, hanya sebagian kecil
dari unsur-unsur yang membentuk budaya. Selain itu, budaya hadir dan bisa
ditentukan dengan mengeksplorasi hal-hal berikut, antara lain:
- Tempo kerja.
- Pendekatan organisasi terhadap humor.
- Metode pemecahan masalah.
- Lingkungan yang kompetitif.
- Insentif.
- Otonomi individu.
- Struktur hirarkis.
Bahkan dengan daftar unsur budaya ini, bisa jadi sulit bagi individu disebuah perusahaan untuk mengidentifikasi karakteristik khusus dari budaya di mana mereka bekerja.

● Bidang aplikasi Sistem Informasi Perkantoran (Office Automation/OA) yang banyak di implementasikan pada perkantoran modern saat ini.
Sistem informasi teknologi dibutuhkan dalam manajemen perkantoran modern dalam menjalankan aktifitasnya, yaitu untuk mencatat segala transaksi yang terjadi dalam kegiatan perkatoran tersebut, selain itu juga untuk mengolah data-data transaksi tersebut sehingga menjadi informasi yang lebih berguna berbentuk laporan. Dari waktu ke waktu informasi mengalami perkembanagan yang sangat cepat seiring dengan perkembangan ilmu teknologi informasi, dengan berkembangnya teknologi informasi maka para pengguna informasi semakin mudah memperoleh informasi sesuai dengan kebutuhan, namun perkembangan tersebut harus di imbangi dengan perkembangan Sumber daya manusia dan didukung dengan media atau sarana informasi yang memadai.
Informasi dalam perkantoran merupakan informasi yang selalu bisa digunakan oleh pelaku atau personel yang beraktifitas didalam kantor tersebut ataupun berupa informasi yang sifatnya untuk umum. Dengan bebagai macam jenis maupun tingkat pentingnya suatu informasi yang harus disampaikan antara sumber-sumber informasi dengan penerima informasi, maka perlu adaya pengaturan sistem didalam pengelolaan informasi tersebur, yang biasa disebut sebagai Sistem Informasi Manajemen Perkantoran. Sistem tersebut bejalan dan berkembang didalam perkantoran dan merupakan Sumber daya konseptual sangat penting untuk mendukung berlangsungnya aktifitas perkantoran. Berdasarkan pemaparan diatas kami tertarik untuk mengkaji lebih dalam mengenai Pemanfaatan teknologi informasi pada suatu kantor.

● Implementasi Sistem Informasi Perkantoran di kantor saudara atau pada kantor yang saudara amati. 
Sistem informasi teknologi dibutuhkan dalam manajemen perkantoran modern dalam menjalankan aktifitasnya, yaitu untuk mencatat segala transaksi yang terjadi dalam kegiatan perkatoran tersebut, selain itu juga untuk mengolah data-data transaksi tersebut sehingga menjadi informasi yang lebih berguna berbentuk laporan. Dari waktu ke waktu informasi mengalami perkembanagan yang sangat cepat seiring dengan perkembangan ilmu teknologi informasi, dengan berkembangnya teknologi informasi maka para pengguna informasi semakin mudah memperoleh informasi sesuai dengan kebutuhan, namun perkembangan tersebut harus di imbangi dengan perkembangan Sumber daya manusia dan didukung dengan media atau sarana informasi yang memadai.
Ada tiga komponen utama teknologi informasi, yaitu komputer, mikro elektronik, dan telekomunikasi.
●    Komputer, yakni mesin elektronik yang mampu untuk membuat kalkulasi dengan kapasitas yang besar dan sangat cepat.
●    Mikro elektronik, yaitu rancang bangun (design) penerapan dan produksi dari peralatan elektronik yang berukuran sangat kecil, terdiri atas komponen-komponen yang rumit.
●    Telekomunikasi adalah transmisi informasi melalui kabel atau gelombang radio.


SUMBER :
http://muthiara086.blogspot.com/2017/03/quiz-4-jelaskan-bidang-aplikasi-sistem.html?m=1
https://www.google.co.id/amp/s/rantauld.wordpress.com/2012/11/08/pemanfaatan-teknologi-informasi-dalam-manajemen-kantor/amp/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

E-LEARNING

Telecommunication Internet & Wireless Technology

Informasion In Implementasion